Processing...
Pendidikan | DKI Jakarta

SEKOLAH KEJAR PAKET KESETARAAN, DONASI UNTUK PROGRAM YAYASAN KPIM BAGI ANAK PUTUS SEKOLAH

Project Creator:
YAYASAN KARYA PUTRA INDONESIA MANDIRI

Rp. 0

Rp. 148.200.000

Target

0%

Tercapai

97

Hari Tersisa

0

Donatur

Setiap tindakan 'Share' sangatlah berarti!
Mari bersama-sama membangun harapan.


Embed script diatas ke dalam website atau artikel sebagai widget untuk menampilkan project ini.

Donasi Pertama

Rp. 50.000
Rp. 100.000
Rp. 250.000
Rp. 500.000
Rp. 1.000.000

» Lanjut

Pendidikan merupakan kunci pembangunan. Dengan pendidikan diharapkan dapat tercapai sumber daya manusia berkualitas, yaitu manusia yang mampu menghadapi tantangan dan perubahan pada masa sekarang dan akan datang.  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi yang demikian cepat, membawa dampak perubahan yang sangat cepat pula dalam semua aspek kehidupan. Hal itu menuntut setiap orang yang memiliki kemampuan, pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi keharusan.  Dalam Undang Undang tentang sitem pendidikan nasional No 20 tahun 2003 menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan diri, masyarakat, bangsa dan negara.  Pendidikan berlangsung melalui tiga jalur yaitu, pendidikan formal, pendidikan  non formal, dan pendidikan informal. Pendidikan Nonformal berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat dilaksanakan secara berjenjang dan berstruktur dengan sistem yang luwes, fungsional dan mengembangkan kecakapan hidup untuk belajar sepanjang hayat. Salah satunya adalah pendidikan kesetaraan. Pendidikan kesetaraan meliputi program Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA. Program ini ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat yang kurang beruntung, tidak sekolah, putus sekolah dan putus lanjut, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup.

Sebagai wadah yang berperan memberikan pelayanan pembinaan terhadap warga binaan, maka Yayasan Karya Putra Indonesia Mandiri (KPIM) memiliki bentuk pembinaan yang terdiri dari; (1) pola pembinaan pendidikan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan, (2) pola pembinaan pendidikan yang berorientasi kepada mata pencarian, dan (3) pola pembinaan pendidikan yang berorientasi kepada moral dan agama.

Pola pembinaan pendidikan yang berorientasi pada ilmu pengetahuan: Yayasan berusaha meningkatkan kepedulian terhadap ilmu pengetahuan anak jalanan. Adalah memberikan beasiswa kepada anak binaan yang masih sekolah. Diharapkan dengan bantuan ini banyak anak binaan yang bisa tetap sekolah. Selain itu bantuan registrasi atau pendaftaran siswa baru juga dilaksanakan oleh Yayasan, kebetulan kami juga menyelenggarakan PKBM atau Sekolah Kejar Paket Kesetaraan dengan demikian harapan anak  yang drop out bisa kembali melanjutkan sekolahnya. Bantuan lain untuk peningkatan pendidikan anak binaan dilakukan oleh Yayasan dengan memberikan bantuan alat-alat sekolah, seperti bantuan buku pelajaran, bantuan alat tulis dan lain sebagainya.

  • Pola pembinaan pendidikan yang berorientasi mata pencarianUntuk pendidikan yang berorientasi pada mata pencarian Yayasan memberi kesempatan kepada anak binaan untuk menetapkan jenis latihan keterampilan yang ingin diikuti dalam rangka menunjang aktivitas sehari-hari. Latihan keterampilan diberikan kepada anak sesuai dengan latihan yang dipilih anak berdasarkan minat dan bakat yang dimilikinya. Adapun bentuk keterampilan yang diikuti oleh anak jalanan yaitu berupa keterampilan montir, perbengkelan, menjahit dan membordir. Selain itu penambahan modal usaha juga dimaksudkan sebagai pembinaan yang berorientasi pada mata pencarian. Binaan mendapatkan tambahan modal usaha, diharapkan dengan modal yang lumayan, usaha dapat berjalan dengan baik, dan dapat meraih keuntungan yang maksimal, sehingga anak jalanan dapat hidup mandiri.
  • Pola pembinaan pendidikan yang berorientasi pada moral dan agama:Di Yayasan diciptakan suasana kekeluargaan, dengan demikian anak merasa berasa dalam sebuah keluarga. Untuk itu anak di ajarkan tentang etika dan sopan santun. Selain itu nilai-nilai agama juga ditanamkan kepada diri anak, sehingga nantinya anak menjadi orang dewasa yang bertanggungjawab baik terhadap dirinya maupun keluarga dan lingkungannya. Salah satu kegiatan ini bernama “TEPAK” (Temu Penguatan Anak ) bertujuan Menguatnya/meningkatnya kapasitas anak dalam mengatasi masalahnya dan anak memiliki daya tahan terhadap berbagai situasi yang dihadapinya.

Disclaimer: Informasi project ini adalah milik project creator dan tidak mewakili IndoGiving

Dukungan / Doa


Dukungan untuk project ini tidaklah hanya dengan memberikan donasi saja tetapi Anda juga dapat memberikan dukungan atau doa secara tertulis untuk project ini dan membagikan project ini di sosial media Anda agar dapat dengan segera mencapai target projectnya.
  • Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis dukungan atau doa.

    Masuk

Keperluan Nominal
Kebutuhan ATK 1 set Rp. 1.000.000
Pembuatan Mading 1 set Rp. 200.000
Kursi Belajar Lipat 30 buah @Rp 200.000 Rp. 6.000.000
AC / Pendingin Ruangan 2 buah @Rp 4.200.000 Rp. 8.400.000
Kipas Angin 2 buah @Rp 300.000 Rp. 600.000
Honor Pengajar & pembimbing Anak 5 orang @Rp 700.000/bln Rp. 42.000.000
Meja dan Kursi Pengajar 2 set @Rp 4.000.000 Rp. 8.000.000
Biaya Sewa Tempat selama 1 tahun kedepan Rp. 70.000.000
Biaya Listrik selama 12 bulan kedepan @Rp 450.000/bln Rp. 5.400.000
Biaya Air selama 12 bulan kedepan @Rp 200.000/bln Rp. 2.400.000
Biaya Koneksi Internet/wi-fi 12 bulan kedepan @Rp 350.000/bln Rp. 4.200.000

- Informasi belum tersedia -

Penerima Donasi :





0 Giver Urutkan:

Berdasarkan pemberian terakhir diberikan oleh donatur
Berdasarkan pemberian terbesar yang diberikan oleh donatur

    Belum ada donatur.
    Jadilah yang pertama!


Beritahukan project ini ke teman/rekan/sanak saudara agar juga bisa memberi. Terima Kasih!
BCA
Bayar di ATM BCA atau internet banking
Mandiri
Bayar di ATM Mandiri atau internet banking
BNI
Bayar di ATM BNI atau internet banking
Permata
Bayar di ATM Permata atau internet banking
Bank lainnya
Bayar di jaringan ATM bank lain